Monday, November 30, 2015

Persiapan Final DELRI Bidang Iklim Kelautan Untuk COP 21 Paris



(Jakarta - 27/11/2015). Bertempat di Ruang Rapat Kepala BMKG di Kemayoran, usai makan siang bersama, berlangsung rapat persiapan akhir materi yang akan dibawakan oleh Delegasi Republik Indonesia (DELRI). Menteri Kelautan dan Perikanan, melalui surat resminya kepada panitia Ocean Day COP 21 Paris, menunjuk Staf Ahli Menteri KKP, Dr. Ir. Achmad Poernomo, M.App.Sc. bersama Kepala Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika, Dr. Andi Eka Sakya, M.Sc untuk menyuarakan kontribusi Indonesia dalam mengantisipasi dampak perubahan iklim di bidang kelautan dan perikanan serta pemantauan iklim-laut.

DELRI yang akan terbang minggu malam (29/11/2015) akan membagi tugas pemaparan di beberapa side event di COP 21 tersebut. Hadir pula dari P3SDLP selaku tim penyiapan materi tersebut, Dr. Budi Sulistiyo (Kepala P3SDLP), Dr. Anastasia Tisiana (Ketua Kelompok Litbang Kebijakan Perubahan Iklim), dan Dr. Widodo Pranowo (Kepala Bidang Pelayanan Teknis). Anggota DELRI yang turut hadir pada rapat persiapan tersebut adalah Dr. Agus Darmawan (Direktur Konservasi Kelautan dan Jenis Ikan KKP), Dr. Nani Hendiarti (Salah satu Asdep di Kemenko Maritim), dan Ir. Nurhayati, M.Sc (Kepala Pusat Iklim Maritim BMKG).

Materi yang akan disampaikan nanti berkisar pada isu kerentanan pesisir dan pulau-pulau kecil akibat kenaikan muka air laut, variabilitas produksi perikanan terkait dengan iklim-laut, bencana hidro-meteorologi akibat iklim ekstrim, dan langkah adaptasi melalui potensi karbon biru. Materi tersebut, bagaimanapun, mempunyai keeratan hubungan dengan materi Ekonomi Biru dan Konsep Pembangunan Dengan Memanfaatkan Sumberdaya Alam yang Terbaharukan dan Keberlanjutan yang akan disampaikan oleh Presiden Joko Widodo pada 30 November 2015 di COP 21 Paris.





0 comments: